Tips Membuat Status Biru di Facebook

Kembali menulis artikel tentang facebook,kali ini saya akan bagikan trik bikin status biru di facebook paling baru dan 100 persen bisa,seperti anda ketahui bahwa facebook selalu menambal bugs bugs nya,mungkin kali ini sukses tapi 1 bulan lagi bahkan 1 minggu lagi trik bikin status biru tidak berhasil,maka dari itu mohon untuk teman teman melaporkan jika trik ini sudah tidak bisa dipakai laporkan via komentar yah,saya akan carikan kode yang baru.

untuk membuat status biru tidak perlu mengunjungi situs situs tertentu kita hanya perlu mengetikan kode seperti ini @@[2:[0:2:kata kata kamu]],nah anda tinggal copy paste kode tersebut mulai dari @ hingga ],ganti tulisan kata kata kamu dengan kata yang anda kirimkan lalu klik update atau kirim,lihat eng ing ing,tulisan anda terlihat keren berwarna biru.

semoga bermanfaat

Tips Menulis Artikel di internet

Kebanyakan netter memakai Google hanya untuk Search, mencari suatu topik dengan mengetikkan keywords. Tidak banyak yang memanfaatkannya untuk Research. Padahal sebenarnya di sana ada sejumlah fasilitas yang bisa dimanfaatkan untuk menggali informasi tentang suatu topik lebih dalam lagi.

Dalam postingan ini saya mau menunjukkan beberapa langkah dan tools Google yang bisa kita pakai untuk menulis artikel orisinil yang menjadi bagian penting dari sebuah website, khususnya blog, atau newsletter, sehingga kita terhindar dari kebiasaan kopas (copy paste).

Menemukan topik menarik dan hangat

Pergilah ke Google News, temukan berita menarik yang mungkin terkait dengan topik blog atau newsletter Anda. Dengan melakukan search sesuai keyword yang Anda bidik, Anda akan menemukan berita terkait dari sekitar 4500 sumber berita di sana. Baca dan pilih beberapa berita yang relevan dan buatkan kutipan di catatan Anda beserta sumber URL beritanya sesuai aturan penulisan.

Selain dari news, Anda juga bisa mulai dari Google Trends, yang memuat topi-topik yang sedang trend dan menjadi sumber berita. Di sana juga mungkin Anda akan temukan topik yang sesuai dengan blog atau newsletter Anda.

Apa kata orang tentang topik itu?

Setelah menemukan berita yang relevan dengan interest Anda dan membuat kutipan di catatan Anda, selanjutnya Anda cari apa pendapat umum tentang topik itu. Pergilah ke Google Groups dan ikuti beberapa di antaranya untuk mengetahui apa pendapat orang lain tentang topik Anda. Catatlah pendapat-pendapat yang pro maupun kontra yang akan menunjang penulisan artikel Anda.

Apa kata bloggers?

Carilah keyword Anda di Google Blog Search, maka Anda akan menemukan begitu banyak blog yang menulis tentang topik itu. Catat dan kutip pendapat bloggers yang menurut Anda layak dan menunjang penulisan Anda dan tentu jangan lupa mencatat URL sourcenya bila nanti Anda akan mengutipnya sebagai referensi.

Apa kata para pakar atau ilmuwan?

Google Scholar akan memberi Anda banyak informasi menyangkut topik Anda sebagai hasil riset para sarjana dan pakar di bidang itu. Bisa berupa thesis, buku, abstrak, atau tulisan di jurnal ilmiah. Adalah baik untuk menyertakan pendapat mereka yang ahli di bidangnya dalam tulisan artikel Anda.

Temukan buku sebagai referensi

Betul, Anda bisa membeli buku atau membaca di perpustakaan untuk mencari referensi tentang topik artikel Anda. Tetapi kenapa repot-repot ke toko buku dan keluarkan uang kalau Google Book Search bisa memberi Anda begitu banyak buku digital meliputi hampir semua topik? Gunakan fasilitas search buku ini untuk mendapatkan referensi yang lebih banyak lagi tentang topik yang Anda akan tulis.

Temukan dokumen PDF

Sama halnya dengan buku tadi, Google juga menyediakan berbagai referensi yang bisa Anda gunakan dalam format file PDF. Dengan mengetikkan search term seperti ini:

“keywords anda” filetype:pdf

maka Anda akan menemukan sejumlah dokumen terkait topik Anda dalam format PDF.

Satukan semuanya menjadi artikel

Berbekal referensi 1 s.d. 6, maka praktis Anda hanya tinggal menggabungkan saja semuanya ke dalam satu artikel. Menulis paragraf introduksi, mengaitkan satu referensi dengan yang lain, membandingkan dua atau lebih pendapat yang berbeda, dan kemudian menyimpulkannya dalam paragraf penutup. Maka artikel orisinil Anda sudah siap dipublikasikan. Mudah bukan?

Mungkin Anda tidak perlu melakukan semua tahapan di atas, hanya dengan satu dua tools atau tahapan saja mungkin sudah cukup untuk menulis sebuah artikel. Itu semua tergantung dari keperluan Anda tentunya. Dan jangan lupa sebenarnya masih ada fasilitas lain yang disediakan google untuk memperkaya artikel Anda, seperti Google Image, Google Maps, Google Video (atau YouTube), dll.

Selamat mencoba.

Printer Canon IP dan MP menarik kertas semua

Saat mau mencetak dokumen, ternyata kertasnya selalu miring, dan tidak tertarik semua. Atau bahkan tidak mau menarik kertas, hanya rollernya muter2 aja..
Masalah ini kemungkinan besar karena adanya benda asing yang masuk ke dalam paper tray atau mungkin malah masuk kedalam mesinnya (ga tau nama asli bagiannya, pokoknya dalamnya printer lah...). Trus gimana dong.. OK, langsung menuju TKP...
Untuk kertas yang selalu miring nariknya, atau mau masuk sebagian, kemudian jam...
  1. Bongkar printer anda
  2. Cek di bagian bawah roller penarik kertas (dari ujung ke ujung ya).
  3. Apakah ada benda asing (kotoran, kertas, clip, uang logam, pensil, serangga mati, atau yang lainnya)
  4. Jika susah melihat atau mengeceknya, lepas semua pegas penahan roller (apa sih nama sebetulnya ?)
  5. Biasanya benda asing tersebut terjepit, bersihkan/buang benda yang nyangkut tersebut.
  6. Pasang kembali pegas dan yang lainnya, tes dulu sebelum printer dipasang covernya.

Untuk printer yang tidak mau menarik kertas sama sekali :
  1. Bongkar printer anda.
  2. Pada bagian mekanis printer (satu set biasanya, yang letaknya di bawah roller dan paper tray) terdapat satu pasangan roda yang didalamnya terdapat pegas.
  3. Biasanya roda tersebut lepas dari dudukannya (ditahan oleh sebuah besi panjang mirip jarum).
  4. Apabila roda tersebut cuman lepas, anda cukup memasang kembali.
  5. Tapi apabila pegas (di dalam) roda tersebut rusak, biasanya susuananya berantakan, sudah tidak bulat sama sekali.
  6. Anda dapat memotong pegasnya maksimal 50% dari pegas yang ada.
  7. Pegas ini berfungi untuk mengatur putaran searah saja. Kalau pegasnya terlalu sedikit, maka putaran akan terjadi dua arah, kalau sampai dua arah maka tidak dapat dipakai.
  8. Kalau masih bisa dipotong selamat deh...
  9. Kalau ga bisa dipotong terpaksa cari kanibalan dari printer lain..

Langkah-langkah di atas bisa digunakan pada printer jenis MP 140, MP 150, MP 160, IP 1200, IP 1300, IP 1500, IP 1600, IP 1700, IP 1800, dan IP 1900. 
selamat mencoba !!!

Panduan dan Cara Merakit Komputer

Panduan Merakit Komputer
Panduan Merakit Komputer

Komputer terdiri dari hardware, software dan brainware itu sendiri, tanpa ketiga komponen tersebut maka sebuah komputer tidak dapat dioperasikan atau dijalankan. Pada kesempatan kali saya akan berbagi pada temen - temen tentang perakitan komputer. Agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal dalam perakitan komputer sangat dibutuhkan panduan merakit komputer khususnya bagi siapapun yang baru pertama kali merakit komputer. Saya menemukan cara merakit komputer dalam ebook. Semoga ebook yang saya temukan dengan tidak sengaja ini bisa bermanfaat bagi temen – temen semua yang membutuhkannya. Ebook cara merakit komputer ini sudah saya jadikan satu dan silahkan didownload di link berikut ini :





Semoga bermanfaat.

Cara menambahkan teman di facebook

Kalau anda sudah membuat account dan mengatur profile, langkah berikutnya tentu saja mencari user Facebook untuk dijadikan sebagai teman, kalau di FB nggak ada teman kan percuma. Untuk mencari teman di Facebook sangatlah gampang, kita tinggal meng add saja orang tersebut dan bersabar untuk menunggu di-approve (disetujui). Prosesnya juga mudah, kamu tidak perlu menggunakan email untuk me-request sebagai teman, cukup dengan memasukkan kode captcha (security code) saja.
Berikut langkah-langkah cara Mencari atau meng add teman di Facebook:
  • Login dulu ke account Facebook
  • Kemudian klik Menu Friend / Teman
  • Dihalaman Friend akan terdapat orang yang siap untuk di jadikan teman anda
  • Pilih orang yang ingin anda ajak berteman dengan cara mengklik Add as friend atau Tambah sebagai teman
  • Tunggu beberapa saat untuk menunggu halaman mengonfirmasi anda
  • Setelah muncul klik Kirim Permintaan
  • Selesai
  • Selain itu Disana anda juga bisa meng add teman dengan cara memasukkan alamat Email teman anda kemudian klik Find Friends atau Cari Teman
Sesudah anda memiliki banyak teman, tentu saja anda bisa melakukan berbagai hal seperti mengirim pesan, chatting, berdiskusi, dan membuat sebuah group. dalam proses pencarian teman anda bisa melakukannya dengan banyak cara, seperti berikut
  • Invite Friends: Mengajak teman untuk bergabung
  • Find People Your Email: Mencari teman dari alamat email atau kontak yang dimiliki di email
  • Discover People You May Know: Biasanya secara otomatis sudah disediakan pihak Facebook dan yang berhubungan dengan profil anda, misalnya memiliki kesamaan dalam sekolah atau hal lainnya
  • Search for People: Pencarian dilakukan berdasarkan nama orang misalnya Mila, ani, linda dan lain-lain
  • Find People You IM: Pencarian ini khusus dilakukan bagi AOL Instant Mesenger dan Windows Live Messenger
Selamat mencoba

Tips mengganti foto profil di facebook

  1. Buka dulu facebook anda. 
  2. Masuklah ke profil facebook anda. 
  3. Sorot atau arahkan kursor mouse anda ke pojok kanan atas foto profil anda. Ntar akan keluar opsi Ganti Gambar 
  4. Klik opsi Ganti Gambar, ntar akan muncul beberapa opsi lain seperti : Unggah Gambar, Ambil Foto, Pilih Dari Album, Sunting Miniatur, dan Hapus Gambar Anda.
Akan saya jelaskan fungsi semua opsi tersebut :
  • Unggah Gambar : Digunakan jika anda pengen mengganti foto profil secara langsung dengan menyiapkan foto terlebih dahulu di PC anda. 
  • Ambil Foto : Digunakan jika anda pengen mengganti foto profil secara langsung menggunakan kamera di PC anda. 
  • Pilih Dari Album : Digunakan jika anda telah membuat album foto sebelumnya. 
  • Sunting Miniatur : Digunakan untuk mengatur foto anda dalam bentuk mini/kecil. 
  • Hapus Gambar Anda : Digunakan untuk menghapus foto profil yang sudah terpasang.

Nah, sekarang tinggal anda pilih saja salah satu opsi diatas, selanjutnya gampang kok. Tinggal klik OK/Simpan aja oke...

Selamat Mencoba 'N Semoga Berhasil !!

Tips Menambahkan foto di facebook

Facebook memilik dua kategori photo :
1. Profile Picture yaitu photo yang akan ditampilkan pada profile facebook kita
2. Photo Album yaitu tempat koleksi photo kita
Untuk menambahkan koleksi photo kita di facebook begini caranya :
1. Buka www.facebook.com kemudian anda login menggunakan email dan password anda.
2. Kemudian setelah terbuka halaman baru klik tulisan Photos (lihat gambar dibawah)
3. Kemudian setelah terbuka halaman baru klik Create a Photo Album (lihat gambar dibawah)
3. Kemudian akan terbuka halaman baru lalu anda isi kan nama untuk photo album anda

Keterangan :
- Album Name : Isikan nama album misalnya liburan, pernikahan dll
- Location : Tuliskan lokasi atau tempat photo tersebut misalnya liburan dibali, naek gunung dll (untuk location bisa di isi atau di kosongkan)
- Description : Tulisan deskripsi dari photo album tersebut (untuk description bisa di isi atau dikosongkan)
- Privacy : Menu ini adalah kebijakan siapa saja yang boleh melihat photo album anda
Keterangan :
Everyone : Siapa saja boleh melihat photo album anda
My Networks and Friends : Jaringan teman anda teman anda dapat melihat photo album anda
Friends of Friends
: Teman dari teman anda (kalo ga salah artinya seperti itu)
Only Friends : hanya teman anda saja
Customize : apabila pilihan ini di klik maka akan keluar halaman baru (lihat gambar dibawah) anda dapat memilih pilihan siapa aja yang dapat melihat photo album anda
Setelah selesai klik Create Album
4. Selanjutnya adalah memasukan photo anda kedalam facebook (lihat gambar dibawah)
Klik Browse (lingkaran no 1 di gambar)untuk memilih photo yang akan di upload ke facebook setelah itu jangan lupa centang/pilih sertifikasi (lingkaran no 2 di gambar), lalu klik Upload Photos
5. Kemudian tunggu sampai file photo anda masuk di facebook

6. Selesai deh photo anda sudah terpampang di facebook 

Browsing Internet

Pengertian Browsing
Browsing adalah seni pencarian informasi melalui system operasi yang berbasis hypertext, misalnya membaca berita, bermain game, menulis blog, mengirim e-mail, dan lain sebagainya. Contoh produknya adalah Internet Explorer, Opera, Mozilla Firefox dll.
Langkah – langkah melakukan Browsing
  1. Double Click Pada Icon Mozila Firefox atau system operasi yang lain, diamkan
  2. Ketikan alamat / situs yang mau dikunjungi pada kotak address
  3. Tekan Enter
Mesin Pencari Google
Google adalah salah satu mesin pencari informasi dari puluhan mesin pencari informasi yang tersedia. Misalnya searchindonesia, google, yahoo, Amazon, Altalavista dan lain sebagainya.

10 TIPS BROWSING INTERNET
Pada saat melakukan browsing, sedikit banyak pasti pernah mengalami satu permasalahan, misalnya kecepatan, keamanan ataupun yang lainnya. Untuk menghindari beberapa masalah tersebut, ada baiknya anda mempunyai kiat atau tips tersendiri saat melakukan browsing Internet.
Kecepatan akses adalah bagian utama dari kiat tersendiri untuk memaksimalkan penggunaan Internet. Di bawah ini adalah 10 tips yang bisa dijadikan ancuan saat melakukan browsing Internet.
1. Pengaturan Cache
Manfaatkanlah Drain cache, mungkin saja langkah ini belum pernah dilakukan. Karena pada saat anda mengunjungi salah satu halaman web, data tersebut selalu disimpan pada sebuah cache (penyimpan data sementara) pada hard disk. Kemudian bila anda membuka kembali halaman tersebut, maka data tersebut akan selalu ditambahkan pada cache, dan browser akan menampilkan halaman cache yang lebih bagus dari dibanding melakukan copy download dari web server.
File cache tadi akan dieksekusi, sebelum terhubung dengan server dari halaman web tersebut bila pada halaman web tersebut sedang sibuk. Setelah dapat mengakses maka halaman tersebut akan ditambahkan di dalam cache.
Untuk mengosongkan cache pada Netscape communicator :
- Klik preferences dari menu edit,
- Buka advanced category, sorotilah sub kategori cache.
- Kemudian klik tombol clear memory cache dan clear disk cache.
Untuk pengguna microsoft internet explorer (IE),
- Pilih menu tool, pilih Internet options.
- Pada kota dialog, pilih general page tab,
- Klik tombol delete files.
2. Penggunaan History
Pada data halaman web yang terdapat pada cache, yang mana di dalamnya tersimpan rekaman daftar nama dan URL (universal resource locator; Internet address) di setiap site yang dikunjungi. Anda bisa juga menggunakan daftar history untuk kembali secara langsung pada site tersebut.
Untuk meng-clear-kan daftar history list pada communicator
- Klik edit, pilih preferences, sorot navigator category,
- Klik tombol clear history.
Sedangkan pada internet explorer
- Klik tools, pilih internet options,
- Pilih general tab dan klik tombol clear history.
Bisa juga dilakukan seting history agar tetap menyimpan data selama beberapa waktu sesuai dengan kebutuhan.
3. Time Out
Banyak ISP (internet service providers) yang menggunakan system monitoring untuk otomatisasi disconect dial-up connections. Hal ini dilakukan ISP untuk memuat pesan yang terbaru setiap 20 menit. Pesan tersebut bisa berita ataupun e-mail. Bila anda tetap aktif, biasanya akan terjadi pemisahan (disruptive) antara site yang aktif tersebut dengan site yang telah direvisi ISP setiap 20 menit sekali. Dengan begitu anda selalu melakukan refresh.
Untuk menghindari hal tersebut, anda bisa menset aplikasi e-mail agar melakukan checking setiap 10 atau 15 menit sekali.
Pada communicator,
- Buka kotak dialog preferences, double-click kategori mail & newsgroups.
- Sorot sub kategori mail servers.
- Buat keneksitas mailpada filed incoming mail servers.
- Kemudian klik tombol edit.
- Pada kotak dialog selanjutnya, klik check-box check for mail every-minutes.
- Set untuk selalu mencek setiap 10 atau 15 menit.
Pada IE bisa men-setting pada dialog box options dan cari pilihan check for new masseges every-minutes.
Pada microsoft outlook, carilah pada mail delivery tab, pada dialog box options.
Untuk microsoft internet mail, setting dapat dilakukan di dalam read tab pada dialog box options.
4. Keamanan
Paa netscape dan microsoft biasanya menawarkan securiy protection, dimana keduanya juga mensupport standar security dan proteksi pada saat online. Misalnya anda meng-klik tombol security yang berada di dalam toolbar communicator’s standard buttons untuk mencari site yang asli, bila halaman tersebut merupakan cache lokal maka halaman tersebut akan di update berikut spesifikasi site yang lain. Klik tombol tersebut dimana anda melakukan transaksi secara online.
Untuk internet explorer, anda bisa melakukan setting konfigurasi security. Anda bisa memilih dari low, medium-low, medium, dan high setting security, untuk mendapatkan full security anda bisa memilih setting high, bila tidak ingin menggunakan full security, anda bisa menggunakan setting low dan medium.
5. Manfaatkan Bookmark
Untuk meningkatkan efesiensi pada saat online, anda bisa menggunakan katalog dan memindahkan bookmark yang berisi web site favorit di dalam folder tertentu. Untuk membuat sebuah folder bookmark di dalam communicator, klik icon bookmarks pada toolbar location dan pilih edit bookmarks dari menu pop up.
Pada kotak dialog bookmarks, bukalah menu file pilih new folder. Isilah nama dari folder tersebut dan provide di dalam kotak dialog bookmark properties.
Sedangkan untuk membuat bookmark pada internet explorer, bukalah menu favorites, klik organize favorites. Pada kotak dialog selanjutnya, klik tombol create folder, isi nama folder, klik close.
6. Proteksi
Usahakan setiap masuk situs tertentu anda harus melengkapi sebuah user name dan password. Untuk memasukkan sebuah pass word dan username memang sangat mudah, dimana anda tinggal mengetikkan saja. Biasanya sebuah system bekerja dengan bagus untuk melakukan proteksi pada data. Tetapi yang lebih penting adalah bila anda memasukkan juga data-data lain yang lebih penting, seperti nomor credit card. Gunakanlah sebuah password yang unik, seperti menggabungkan atau mengkombinasikan antara hurup besar dan kecil serta angka, guna mendapatkan proteksi yang maksimal.
7. Start Up
Aturlah aplikasi internet pada posisi default, untuk menghindari kekacauan pada saat start up aplikasi internet. Bila anda menggunakan netscape communicator, bisa dilakukan setting konfigurasi aplikasi e-mail, calendar, atau HTML guna membuka aplikasi secara default. Pada dialog box preferences, sorot categori appearances, dan anda akan melihat satu daftar aplikasi communicator yang ditampilkan pada area on startup launch. Pilih option navigator pada default. Untuk merubahnya, klik option navigator untuk men-deselectnya, klik option yang anda iginkan (messenger, composer, atau calendar) sebagai aplikasi internet default, klik OK. Sekarang anda telah membuat satu aplikasi default untuk internet.
8. Menambah Toolbar
Pada internet explorer, user diijinkan untuk menambahkan tombol pada toolbar standar, dimana pada toolbar tersebut terdapat tombol yang menjadi default untuk standart toolbar, seperti, back, forward, stop, reload, dan print.
Untuk menambahkan tombol tersebut, anda bisa melakukan, right-click pada area toolbar yang kosong, pilih customezi pada pop up menu.
Kemudian akan ditampilkan dialog box customize toolbar, pilihlah tombol yang sering atau yang selalu anda butuhkan, klik close. Bila anda ingin mengembalikan seperti semula (setting default toolbar), klik tombol reset.
9. Menghindari Spam
Spam? Mungkin itu adalah yang paling tidak disukai pada saat membuka e-mail. Meskipun sekarang banyak software-software untuk menghilangkan spam, tetapi belum juga nampak tingkat efektiftasnya. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan dua alamat e-mail.
Anda bisa saja membuat banyak e-mail, tetapi mungkin bisa membingungkan anda sendiri. Sebaiknya gunakanlah alamat e-mail sebagai alternatif. Misal untuk e-mail pertama ana menggunakan seperti pada Yahoo (http://www.yahoo.com/), excite (http://www.excite.com/), atau GO. Com (http://www.go.com/).
Gunakanlah alamat e-mail yang kedua untuk berhubungan dengan siapa saja, tanpa terkecuali. Dan pasti pada alamat e-mail yang kedua akan banyak sekali terdapat spam. Untuk alamat e-mail yang utama, gunakanlah untuk berhubungan dengan teman, relasi, atau siapa saja yang anda percaya.
10. Akses Mobile
Dengan menggunakan perlengkapan yang bagus, anda bisa mengakses web dari mana saja. Karena saat ini sebagian besar web site telah memanfaatkan dan melengkapi dengan teknologi wireless, seperti pada yahoo mobile (http://mobile.yahoo.com/wireles/home) atau MSN mobile (http://mobile.msn.com/)
Dengan teknologi wireless berarti anda bisa menghubungkan cellular phone, pager, atau pengendali komputer untuk mengambil informasi yang dibutuhkan. Untuk informasi yang lebih dalam mengenai akses wireless, anda bisa mengunjungi yahoo atau MSN (Microsoft Network).

semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Turorial Microsoft PowerPoint

Power point adalah salah satu software dari MS.Office yang dapat kita gunakan untuk membuat presentasi suatu gagasan, dan sekarang bukan hanya mahasiswa dan dosen saja yang sudah mulai menggunakan power point tapi murid-murid SMP dan SMA pun sudah mulai menggunakan power point.
Power point bagi seseorang yang sering menggunakan nya mungkin sudah tidak asing lagi, dan sudah bukan merupakan hal yang sulit, tapi bagi orang yang baru mengenal powerpoint pastilah membutuhkan tutorial microsoft power point 2007 ini sebagai batu loncatan lebih lanjut dalam menggunakan microsoft power point 2007.
Untuk belajar mengenai power point ini, silahkan download tutorial nya melalui link di bawah ini.

Belajar Microsoft Word dan Excel

Belajar Microsoft Word dan Excel

Bagi yang terbiasa menggunakan komputer, aplikasi Microsoft Office bukanlah sebuah aplikasi yang aneh dan sulit digunakan, bahkan mungkin aplikasi ini sudah sangat familiar dan sehari-hari digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bukan untuk menggurui, hanya sekedar sama-sama belajar dan mengupas kembali tentang penggunakan aplikasi ini. Bisa saja karena sudah sangat terbiasa terkadang ada hal-hal sederhana yang terlupakan.

Mari kita berbagi disini untuk saling mengingatkan kembali, semoga dapat berguna untuk kita semua.

Untuk panduannya silakan download di bawah ini : 

Semoga bermanfaat, Silakan tinggalkan komentar dan berlangganan artikel.

Teknologi Informasi dan Komunikasi

Komputer analog adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan alat penghitung yang bekerja pada level analog. Level analog di sini adalah lawan (dual) dari level digital, yang mana level digital adalah level tegangan 'high' (tinggi) dan 'low' (rendah), yang digunakan dalam implementasi bilangan biner. Secara mendasar, komponen elektronik yang digunakan sebagai inti dari komputer analog adalah op-amp (operational amplifier).
komputer digitalAdalah mesin komputer yang diciptakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain. Yang pemrosesnya dilaksanakan berdasarkan teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi bilangan 0 dan 1.
Merupakan hasil teknologi yang mengubah sinyal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (disebut juga dengan biner)untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Sinyal tersebut disebut sebuah bit. Sinyal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu: 1. Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi dapat dikirim dengan kecepatan tinggi. 2. Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak memengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri, 3. Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk, 4. Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif. Komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on atau off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenalkan huruf, gambar, suara, bahkan film-film menarik yang anda tonton dalam format digital.


komputer hybrid adalah jenis Komputer yang diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, atau dengan istilah lain menggabungkan kemampuan digital dengan analog. Dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.
Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung.
Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.
Komputer pribadi atau personal computer (PC) adalah istilah untuk komputer yang dikenal dan diketahui orang pada umumnya sehingga banyak orang yang tak akrab dengan bentuk komputer lainnya. Hanya orang-orang tertentu saaja yang memakai istilah ini secara eksklusif untuk menunjukkan istilah yang lebih spesifik dan tepat.

Komputer jinjing (populer dalam bahasa Inggris: laptop, notebook, atau powerbook) adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg, tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut.

Sumber daya komputer jinjing berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer destop (desktop computers) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada destop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Komputer jinjing kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci hingga 17 inci tergantung dari ukuran laptop itu sendiri. Selain itu, papan ketik yang terdapat pada laptop gratis juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi sebagai "pengganti" tetikus. Papan ketik dan tetikus tambahan dapat dipasang melalui soket [[USB]/Universal Serial Bus] maupun PS/2 jika tersedia.

Berbeda dengan komputer desktop, komputer jinjing memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Komputer jinjing biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga komputer jinjing pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen.
iPhone adalah telepon genggam revolusioner yang diproduksi oleh Apple Inc. yang memiliki fungsi kamera, pemutar multimedia, SMS, dan voicemail.

Selain itu telepon ini juga dapat dihubungkan dengan jaringan internet, untuk melakukan berbagai aktivitas misalnya mengirim/menerima email, menjelajah web, dan lain-lain. Antarmuka dengan pengguna menggunakan layar sentuh multi-touch (atau bisa juga disebut dengan layar sentuh kapasitif) dengan papan ketik virtual dan tombol.
iPad adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X.




Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Cara daftar akun twitter dengan mudah



Media Online ~ bagi kalian yang pada bingung Bagaimana sih Cara Daftar Akun Twitter yang mudah dan tentunya gratiss heheh jelaslah mosok jejaring sosial yang terkenal satu ini Twitter menyuruh membernya bayar sih..??? seperti halnya Cara Daftar Facebook yang gak begitu sulitlah dan mudah kok menurut aku pribadi sih :) dan juga Daftar Yahoo Koprol jejaring sosialnya orang indonesia yang tergolong mudah pula hehe seperti halnya jejaring sosial lainnya Twitter pun membutuhkan member yang membuat Jejaring sosial tersebut semakin ramai karena tanpa pengunjung sebuah blog maupun Jejaring sosial tidak punya nilai nya :), baiklah berikut tata Cara Daftar Twitter





1. buka situsnya langsung ya di Twitter.com
2. lalu klik Sign Up seperti gambar di bawah ini
Cara Daftar Twitter
3. lalu anda akan dibawa kehalaman registrasi di Twitter seperti gambar di bawah ini isi datanya lengkap beserta pengisian emailnya kalo lom punya anda bisa menggunakan tutorial Cara Daftar Gmail untuk proses verifikasi Email anda contoh pengisiannya
Cara Daftar Twitter
- Fullname : Nama lengkap anda misalnya (Risal mahendra)
- Username : isi username anda (ini digunakan untuk proses sign in pada Twitter)
- Password : isi Password anda (kalo bisa jangan sampai orang lain tahu)
- Email : isi email anda entah di Gmail maupun di Email lainnya
- truz klik Create my Account dan akan dibawa ke halaman verifikasi Seperti Gambar di bawah ini(fungsinya untuk membuktikan bahwa yang registrasi ini adalah manusia bukan BOT)
Cara Daftar Akun Twitter

- setelah itu isi kata-kata verifikasinya lalu klik Finish

4. maka anda akan di bawa ke halaman welcome pada Twitter Akun anda sudah jadi tapi lom selesai klik tulisan Next step Friends seperti gambar di bawah ini
Cara Daftar Akun Twitter

5. anda akan di bawa ke halaman Friends yang gak perlu berbelit-belit di jelaskan klik di tulisan paling bawah Skip Import beres dah maka selesai sudah Pembuatan Akun Twitter anda tapi lom selesai betul karena masih ada Step verifikasi email 
6. buka email anda yang telah anda daftarkan pada Twitter barusan :) pasti ada email verifikasi dari twitter ke email anda setelah itu klik Email Verifikasi tersebut maka Twitter Akun Anda sudah terverifikasi dan dengan begini sudah bebas mempergunakan Twitter anda. selamat atas usahanya Daftar Twitter yang berat itu heheh
dan akhirnya selesai menyelesaikan Proses Cara Daftar Twitter dan apabila anda penyuka Game maka tidak ada Salahnya Jika anda Daftar Pointblank game tembak-tembakan yang dimainkan secara Online.

Perangkat Lunak Komputer

Pengertian Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah
Pengertian Software (perangkat lunak) Komputer
Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu software berbayar, software gratis atau free ( Freeware, free software, shareware, adware) .
Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil, setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows, microsoft office, adobe photo shop, dan lain-lain.
Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis, tanpa biaya tambahan. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News, juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software).
Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.
Perbedaan yang nyata antara Free Software dan Freeware. Konflik muncul dalam arti kata free dalam bahasa Inggris, yang berarti keduanya bebas dan gratis. Oleh karena itu, dan seperti yang disebutkan sebelumnya, Free Software tidak perlu bebas, sama seperti Freeware tidak harus gratis.
Shareware juga bebas tetapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus, perusahaan-perusahaan ini biasanya memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Setelah melewati maksimum, program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya.
Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam program periklanan, distribusi jenis ini disebut Adware. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up.

macam-macam perangkat lunak dan fungsinya

Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam, yaitu :
Sistem Operasi (Operating System),
Program Aplikasi (Application Programs),
Bahasa Pemrograman (Programming Language),
Program Bantu (Utility)

1. Sistem Operasi (Operating System)
Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input, output, tabel pengkodean, memori, penjadwalan prosesor, dan lain-lain. Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :
Menyimpan program dan aksesnya
Membagi tugas di dalam CPU
Mengalokasikan tugas-tugas penting
Merekam sumber-sumber data
Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan, menghapus dan mendapatkan data
Memeriksa kesalahan sistem
Multitugas pada OS/2″, Windows ‘95″, Windows ‘98″, Windows NT”, /2000/XP
Memelihara keamanan sistem, khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID
Contoh Sistem Operasi, misalnya : Disk operating System (DOS), Microsoft Windows, Linux, dan Unix.

2. Program Aplikasi (Aplication Programs)
Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu, misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

3. Bahasa Pemrograman (Programming Language)
Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu, agar diterima oleh komputer.
Ada 3 level bahasa pemrograman, yaitu :
Bahasa tingkat rendah (low level language)
Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler), dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1.
Bahasa tingkat tinggi (high level language)
Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Contohnya : BASIC, COBOL, PASCAL, FORTRAN.
Bahasa generasi keempat (4 GL)
Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Contoh software ini adalah : Visual Basic, Delphi, Visual C++

4. Program Bantu (Utility)
Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
Norton Utility
Winzip
Norton Ghost
Antivirus

Perangkat Keras Komputer

Pengertian dari hardware atau dalam bahasa indonesia-nya disebut juga dengan nama “perangkat keras” adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
prosesor
Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka hardware tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar pada komputer terdiri dari input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan mouse, Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section), Output device terdiri dari monitor dan printer, Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya. Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner Card, Modem, Capture Card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
gambar-211.jpg
keyboard qwerty

Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
mouse
perangkat mouse
Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
gambar-213a.jpg
Touch Pad
gambar-213b.jpg
Touch Pad Track Ball
gambar-213c.jpg
Pointing Stick
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
gambar-214.jpg
perangkat Light Pen
e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
gambar-215.jpg
Gambar Joy Stick dan Paddle Games
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.
gambar-217.jpg
Barcode Reader
gambar-216.jpg
contoh barcode
Gambar Barcode
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
gambar-218.jpg
Scanner
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
gambar-219.jpg
kamera digital
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
gambar-220.jpg
headphone
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil.
graphics_pads

2. Process device (unit Pemrosesan)
Power Supplay
Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).
power supply
RAM (Random Access Memory) – Memory
RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi. pengertian ram lebih detail klik di sini
RAM
Kartu grafis (unit keluaran)
Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.
kartu grafis
Prosesor (unit pemprosesan)
Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda, pengertian prosesor <– lengkap klik di sini
prosesor
Motherboard (unit pemprosesan)
Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.
motherboard

3. Output device ( Unit keluaran )
Monitor
monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).
monitor
Printer
Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet. klik di sini –> pengertian printer lebih detail
printer
speaker
Sepaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
speaker

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
Harddisk (HDD)
Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya harddisk ukuran fiskiknya menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Harddisk saat juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.
harddisk

5. Periferal (unit tambahan)
Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain
Modem
pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog, klik di sini untuk pengertian modem lebih detail
kartu suara
Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
- Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
- Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI
- Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire
kartu suara